vipdomino99.info Partner Sejati Untuk Permainan Kartu Anda :) SELAMAT DATANG DI SITUS POKER ONLINE DENGAN PELAYANAN TERBAIK SE-ASIA | STATUS BANK : BCA - ONLINE| MANDIRI - ONLINE | BNI - ONLINE | BRI - ONLINE | DANAMON - ONLINE | PANIN - ONLINE | PERMATA - ONLINE | Untuk LOGIN SITE Di HP Menggunakan Link : vipdomino99.biz / vipdomino99.org

Header Ads

Ada Spesies Hiu Pemakan Tumbuhan, Ini Buktinya!


VIPDomino - Hiu merupakan salah satu hewan laut yang menakutkan karena dikenal sebagai pemakan daging. Lalu bagaimana dengan hiu omnivora alias pemakan tumbuhan? Apakah masih menakutkan?
Dilansir dari The Guardian, baru-baru ini, peneliti Amerika Serikat menemukan jenis hiu yang rupanya dapat memakan tumbuhan. Hiu itu adalah jenis hiu bonnethead atau berkepala sekop. Jenis hiu yang sering ditemukan di pantai Amerika itu sangat fleksibel. Ia dapat menukar pola makannya sendiri, dari daging ke tumbuhan dengan mudah.
Mulanya peneliti membaca laporan bahwa ikan tersebut memakan lamun yakni tanaman laut berbunga yang membentuk padang rumput di beberapa perairan pantai. Tertarik dengan hal tersebut, para ilmuwan di University of California di Irvine dan Florida International University di Miami memutuskan untuk menyelidiki kebiasaan diet hiu tersebut.
"Telah diasumsikan oleh sebagian besar bahwa konsumsi makanan ini adalah insidental dan tidak memberikan nilai gizi," ujar Samantha Leigh, seorang peneliti. "Aku berniat untuk mengetahui seberapa banyak dari diet lamun ini bisa dicerna oleh ikan hiu. Karena apa yang dimakan oleh hewan tidak harus sama dengan yang dicerna dan mempertahankan nutrisi."


Peneliti kemudian mengambil rumput laut dari Florida Bay dan membawanya kembali ke laboratorium. Mereka kemudian menanamnya kembali untuk mengetahui apakah hiu berkepala sekop benar-benar fleksibel dalam makanan. Peneliti juga menambahkan bubuk natrium bikarbonat yang dibuat dengan isotop karbon spesifik ke air. Senyawa tersebut kemudian diserap oleh lamun dan membuatnya memiliki tanda kimia yang khas.
Lima hiu berkepala sekop yang ditangkap kemudian diberi makan lamun dan cumi-cumi selama tiga minggu. Hasilnya semua ikan bertambah berat badan selama penelitian berlangsung. Peneliti lalu menjalankan serangkaian tes pada hiu-hiu itu.
Hasil tes cukup mengejutkan. Mereka menemukan isotop karbon rumput laut tingkat tinggi di jaringan darah dan hati hiu. Hal tersebut menunjukkan bahwa makanan yang dicerna juga digunakan untuk membangun dan memelihara hewan dengan kata lain nutrisinya ikut diserap. Itu artinya, hiu berkepala sekop adalah spesies hiu omnivora pertama yang pertama diketahui.
Penelitian tersebut diterbitkan dalam Proceedings of the Royal Society B. Temuan tersebut membalikkan gagasan bahwa semua hiu adalah pemakan daging eksklusif. Para peneliti akan mulai merawat habitat tersebut mulai sekarang. Mereka memperhitungkan hiu berkepala sekop tidak hanya memakan tanaman tetapi menjadikan rumput laut sebanyak 60% dari makanan mereka.


No comments

Powered by Blogger.