vipdomino99.info Partner Sejati Untuk Permainan Kartu Anda :) SELAMAT DATANG DI SITUS POKER ONLINE DENGAN PELAYANAN TERBAIK SE-ASIA | STATUS BANK : BCA - ONLINE| MANDIRI - ONLINE | BNI - ONLINE | BRI - ONLINE | DANAMON - ONLINE | PANIN - ONLINE | PERMATA - ONLINE | Untuk LOGIN SITE Di HP Menggunakan Link : vipdomino99.biz / vipdomino99.org

Header Ads


Apa Aja Sih yang Pengaruhi Kadar Gula Darah Selain Makanan?


Bagi penderita diabetes, banyak faktor yang bisa memengaruhi kadar gula darah. Tak hanya makanan dan minuman tinggi gula lho! Bahkan aktivitas fisik sehari-hari, pun dapat memberikan dampak perubahan terhadap kadar kadar gula.  Jadi penting bagi penderita diabetes, atau keluarga terdekat untuk tahu dan kemudian berhati-hati. Berikut hal-hal yang bisa meningkatkan atau menurunkan kadar gula darah.


Kafein
Kadar gula darah bisa meningkat setelah Kamu minum kopi. Bahkan, kopi hitam sekalipun yang tidak mengandung kalori, bisa meningkatkan gula darah karena kandungan kafeinnya. Sama halnya dengan teh, teh hijau, dan minuman berenergi. Setiap penderita diabetes memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsi, sehingga Kamu perlu mengenali tubuh Kamu sendiri.

Makanan "Bebas" Gula
Banyak jenis makanan yang dinyatakan bebas gula tetapi bisa meningkatkan kadar gula darah. Kenapa bisa? Karena makanan-makanan tersebut masih mengandung karbohidrat. Cek jumlah karbohidrat suatu makanan dari label kemasan yang menunjukkan fakta-fakta nutrisinya.  Kamu juga harus mewaspadai gula alkohol seperti sorbitol dan xylitol. Gula tersebut memang memberikan rasa manis dengan kadar karbohidrat yang lebih rendah ketimbang gula. Namun, jenis gula tersebut tetap bisa meningkatkan kadar gula darah.

Infeksi dan Influenza
Kadar gula darah bisa meningkat ketika tubuh Kamu tengah bekerja keras melawan infeksi. Flu misalnya. Agar gula darah tetap terkendali, minum banyak air agar tubuh tetap terhidrasi. Selain flu, diare atau muntah lebih dari 2 jam juga memengaruhi gula darah. Kamu juga perlu mewaspadai beberapa obat, seperti antibiotik atau dekongestan yang biasanya digunakan sebagai obat flu. Obat-obat tersebut bisa meningkatkan kadar gula darah.



Stres
Merasa tidak bahagia dan stres dengan pekerjaan di kantor? Saat Kamu mengalami stres, tubuh mengeluarkan hormon-hormon yang bisa meningkatkan kadar gula darah. Hal ini biasanya lebih sering terjadi pada penderita diabetes tipe 2. Untuk mengatasi stres, latihlah diri untuk bisa lebih rileks dengan menghirup napas dalam-dalam dan berolahraga. Kalau memungkinkan, ubah dan hindarilah hal-hal yang menyebabkan Kamu stres.

Roti Bagel
Roti, terutama bagel, mengandung lebih banyak karbohidrat ketimbang roti putih biasa. Bagel juga mengandung lebih banyak kalori. Jadi, jangan terlalu sering makan bagel ya!

Sport Drinks
Minuman khusus olahraga ini memiliki manfaat membantu tubuh untuk mengganti cairan lebih cepat. Namun, kebanyakan mengandung gula yang sama tingginya dengan soda. Kalau sedang berolahraga yang cukup ringan, lebih baik minum air putih. Minuman olahraga boleh-boleh saja diminum, jika Kamu sedang melakukan olahraga berat. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter apakah aman untuk tubuh Kamu.

Steroid
Kortikosteroid, seperti prednisone, biasanya dikonsumsi untuk menyembuhkan peradangan baik di kulit, artritis, asma, dan banyak kondisi lainnya. Namun, obat-obat tersebut bisa meningkatkan kadar gula darah dan bahkan meningkatkan risiko terkena diabetes bagi orang yang sehat. 

Pekerjaan Rumah Tangga
Nah, kalau ini menurunkan kadar gula darah. Aktif dan terus bergerak membersihkan rumah bisa memiliki dampak yang positif pada penderita diabetes. Banyak pekerjaan rumah tangga yang bisa Kamu lakukan setiap minggu, dan anggaplah sebagai aktivitas fisik atau olahraga ringan. Makanya, jangan malas-malas mengerjakan pekerjaan rumah tangga, ya!

Yogurt
Yogurt mengandung bakteri sehat, probiotik. Makanan-makanan tersebut bisa memperlancar penernaan dan juga mengontrol kadar gula darah. Namun, hati-hati karena beberapa yogurt mengandung gula dan buah. Pilih yogurt yang hambar tanpa tambahan gula.

Gaya Hidup VegetarianSebuah penelitian menemukan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang mengubah gaya hidup menjadi vegetarian memiliki kontrol gula darah yang lebih baik dan membutuhkan insulin yang lebih sedikit. Penyebabnya karena kandungan serat di dalam sayuran berfungsi memperlambat pencernaan karbohidrat. Saat ini masih dilakukan lebih banyak penelitian tentang hubungan gaya hidup vegetarian dengan diabetes.




No comments

Powered by Blogger.