vipdomino99.info Partner Sejati Untuk Permainan Kartu Anda :) SELAMAT DATANG DI SITUS POKER ONLINE DENGAN PELAYANAN TERBAIK SE-ASIA | STATUS BANK : BCA - ONLINE| MANDIRI - ONLINE | BNI - ONLINE | BRI - ONLINE | DANAMON - ONLINE | PANIN - ONLINE | PERMATA - ONLINE | Untuk LOGIN SITE Di HP Menggunakan Link : vipdomino99.biz / vipdomino99.org

Header Ads

Segar Manis Penawar Haus, Ini 10 Fakta Menarik Semangka

Foto: Istock

Semangka yang manis berair jadi buah favorit saat musim panas. Ternyata buah ini punya banyak fakta menarik yang perlu Anda ketahui.

Semangka memiliki rasa manis dan mengandung banyak air. Cocok dikonsumsi di saat udara panas. Selain bisa menghidrasi tubuh, semangka juga tinggi akan vitamin dan mineral yang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. 

Dilansir dari berbagai sumber, ini fakta-fakta menarik buah yang segar, manis dan renyah.

1.Berasal dari Afrika

       Semangka berasal dari Afrika. Banyak yang menganggap buah merah dengan biji banyak ini berasal dari Amerika. Tetapi nyatanya berasal dari Afrika tepatnya di Mesir. Hal ini terbukti dengan tpara peneliti yang menemukan biji semangka di kuburan kuno. Juga adanya gambar dalam hieroglif yang berasal dari millennium ke-2 sebelum masehi.

Orang Mesir kuno diperkirakan telah menanam buah ini. Seiring berjalannya waktu, buah semangka menyebar ke Mediterania dan Eropa sebelum akhirnya mendarat di Amerika. Sekarang meskipun semangka banyak ditanam di 44 negara bagian, Amerika Serikat merupakan produsen terbesar kelima. Kini semangka juga banyak ditanam di China.
2.Termasuk kelompok berry
       Meskipun semangka termasuk dalam kategori buah, tapi kalau secara teknis termasuk ke dalam bentuk berry yang disebut pepo. Pepo berasal dari keluarga Cucurbitaceae, yakni versi yang memiliki kulit luar yang keras dibandingkan dengan yang lembut, mudah dikunyah yang juga ditemukan pada blueberry.
3.Semangka hibrida paling populer
       Hibridia adalah hasil persilangan antara dua atau lebih populasi yang berbeda. Saat ini sudah ada sekitar 300 jenis semangka. Meskipun hanya sekitar 50 jenis dimakan seperti Sugar Baby dengan ukuran kecil dan rasa manis. Berbagai semangka mulai dikembangkan pada tahun 1955, The Little Baby Flower, salah satu jenis semangka terkecil dengan berat 1.8 kg, Yobel raksasa, yang bisa tumbuh hingga 45 kilogram dan Crimson Sweet yang merupakan hasil persilangan antara jenis Charleston Gray, Miles dan Peacock.
4.Bisa dimasak
       Selain bisa dimakan segar, semangka bisa dipanggang. "Sering kali ketika makanan dingin, rasanya sangat terbatas" kata Travis McShane, chefi dan pasangan di Adele's di Nashville.

"Dengan memanggang semangka, Anda bisa merasakan berbagai rasa alami lainnya seperti rasa gurih dan manis secara bersamaan," ungkapnya. Rasanya sangat enak karena gula-gula tersebut menjadi karamel dan mengunci kelembapan.
5.Mengandung banyak air

        Semangka memiliki kandungan air sebanyak 92%, hal tersebut sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh sambil menikmati rasa manis," kata Elizabeth Somer, penulis buku Eat Your Way to Happiness.

6.Tidak hanya bewarna merah


       Semangka tidak hanya berwarna merah dagingnya. Tetapi juga ada yang berwarna kuning keemasan atau hijau pucat keemasan. Dengan rasa manis dan lembut dengan warna yellow doll dan yellow baby, juga semangka mountain dew yang memiliki rasa manis pada sisinya.

Warna zamrud juga ada pada semangka jenis Cream Saskatchewan, teksturnya lebih tebal. Apabila Anda beruntung apabila melihat semangka jenis Golden Midget yang memiliki warna kulit kuning. Jenis ini sudah dikembangkan dari tahun 1959 oleh petani terkenal Elwyn Meader dan Albert Yeager di Universitas New Hampshire.
7.Ada yang berukuran jumbo
      Sejauh ini, menurut Guinness World Records, terdapat semangka terberat di dunia. Beratnya hampir 122 kg. semangka tersebut ditanam oleh Lloyd Bright dari Arkadelphia, Arkansas, pada tahun 2005.
8.Ada semangka tanpa biji
      Selama lebih dari 50 tahun hibrida tanpa biji tetap menjadi salah satu jenis yang paling populer. Semangka tanpa biji ini mudah dijadikan smoothie untuk anak-anak. Anda tidak perlu khawatir akan biji ketika mengonsumsi semangka jenis ini.

Semangka steril ini tumbuh karena para petani telah menggabungkan serbuk sari jantan yang memegang 22 kromosom per sel dengan bunga semangka betina yang mengandung 44 kromosom per sel. Ketika buah yang sudah matang, biji putih kecil di dalamnya mengandung 33 kromosom, membuatnya steril dan tidak menghasilkan biji. Ini mirip dengan bagal, diproduksi dengan secara alami menggabungkan kuda dengan keledai. Proses ini tidak melibatkan modifikasi genetik.
9.Air semangka alternatif dari air kelapa
      Daging semangka yang diperas akan menghasilkan air yang bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti air kelapa. Air semangka tersebut kaya akan elektrolit, nutrisi dan mineral. Beberapa perusahaan mempromosikan air semangka yang disebut sebagai alternatif yang lebih sehat dan lebih manis daripada minuman berenergi.
10.Kaya manfaat

       Selain kaya air, semangka juga mengandung nutrisi lain. Semangka kaya vitamin dan antioksidan seperti vitamin A dan C, mineral seperti kalium, fitonutrien, dan bebas kolesterol, lemak dan natrium. Juga menjadi sumber arginin dan citrulline, asam amino yang menjaga pembuluh darah agar tetap sehat.
Untuk para atlet dianjurkan minum segelas jus semangka sebelum berolahraga untuk membantu mengurangi detak jantung. dan nyeri otot. Ini karena L-sitrulin, asam amino yang diubah tubuh menjadi L-arginine yang memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, semangka juga sumber likopen, antioksidan yang bisa mencegah kanker prostat.



No comments

Powered by Blogger.